Apa itu bahasa? | Spot Writer

Apa itu bahasa?

Apa Itu Bahasa?
Apa Itu Bahasa?
Ilustrasi Bahasa

Apa itu bahasa?Jika seseorang ditanyai dengan pertanyaan “Apa itu bahasa?’ maka jawaban yang keluar pun akan beragam, namun jawaban yang sangat umum ditemukan adalah “Bahasa adalah alat komunikasi” Dan tentu saja jawaban itu tidaklah salah secara keseluruhan namun juga tidak tepat. Mengapa demikian karena jawaban tersebut adalah jawaban yang tepat jika ditanya “Apa fungsi bahasa?” Bukan “Apa itu bahasa?”  Nah jika sudah begini apa sih sebenarnya bahasa itu pada hakikatnya? Bahasa sebenarnya adalah sistem lambang bunyi yang arbitre yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial utuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mendefinisikan diri. Pada dasarnya bahasa itu adalah lambang yang berbeda pada setiap daerah dan tempat. Jika orang Indonesia menyebut hewan yang berkaki empat dan mengeluarkan suara guk-guk dengan sebutan anjing maka di Inggris mereka menyebutnya anjing.

Bahasa dalam Bidang Keilmuan

Dalam berbagai bidang keilmuan bahasa dipandang berbeda-beda.
1.      Bahasa dalam Sastra
Ilmu sastra atau susastra memandang bahasa sebagai wadah seni sehingga aktifitas bersastra pun tak jauh dari bahasa. Hal ini dapat dilihat dari sastra yang menggunakan bahasa sebagai wadah dalam berkesenian.

2.      Sosiologi dan Bahasa
Berbeda dengan ilmu susastra, sosiologi mendekati dan memandang bahasa sebagai alat interaksi sosial. Dengan berbahasa manusia berarti berkomunikasi dan berinteraksi sehingga memunculkan masyarakat sosial.

3.      Bahasa dalam Psikologi
Berbeda dengan sastra dan sosiologi, ilmu psikologi memandang bahasa sebagai bentuk pelahiran jiwa seseorang, jika ia waras maka akan bertutur waras. Psikologi juga mengkaji kejiwaan seseorang dari bahasanya, sehingga muncul cabang ilmu yang disebut psikolinguistik.

4.      Linguitik dan Bahasa
Ilmu linguistik tetap memadang bahasa sebagai bahasa. Para linguis tidak menjadikan bahasa sebagai alat namun menjadikan bahasa sebagai objek kajian itu sendiri.
Nah ternyata bahasa tidaklah sesederhana yang kita anggap, banyak sekali kajian mengenai bahasa dan teori bahasa. Bahasa di dunia ini pun sangat banyak, bagi kita menguasai 2 bahasa saja sulit apalagi untuk menguasai semua bahasa. 

Pengertian Bahasa

0 Response to "Apa itu bahasa?"

Post a Comment