Pemakaian Huruf Kapital yang Benar | Spot Writer

Pemakaian Huruf Kapital yang Benar

Pemakaian Huruf Kapital yang Benar

Pemakaian Huruf Kapital yang Benar
EYD
Pemakaian Huruf Kapital yang Benar Huruf kapital atau huruf besar mempunyai tempat-tempat tertentu dalam penulisan yang baik dan benar. Ejan yang disempurnakan (EYD) telah mengatur semua peraturan ini agar dipatuhi oleh segenap penulis, sekecil apapun tulisan yang ia buat.  Zaman sekarang dimana teknologi sudah sangat berkembang pesat, menulis tidak lagi bersifat formal karena menulis bisa dimana saja, jejaring sosial, pesan singkat di telepon seluler dan sebagainya. Oleh sebab itu EYD pun kerap dikesampingkan sehingga saat menulis tulisan fornal, bahasa prokem atau penulisan gaul kerap terbawa, oleh sebab itu kita haru sangat berhati-hati dalam menulis dan mengedit tulisan. Dalam tulisan kali ini penuli akan menulis kembali apa yang penulis dapat mengenai penulisan huruf kapital yang benar.



1.      Awal Kalimat

Tempat yang pertama sekali dimana huruf kapital dipakai adala pada awal kalimat. Oleh sebab itu jika kalimat ditulis tentu sudah menjadi kewajiban menuliskan huruf pertama dengan huruf kapital.
2.      Petikan Langsung
Tempat selanjutnya huruf kapital adalah pada permulaan petikan langsung. Contoh “Aku sangat lelah,” kata Irfan. Huruf a pada kata aku harus dikapitalkan kerena huruf tersebut berada dalam awal petikan langsung.
3.      Gelar Kehormatan yang Diiikuti Nama Orang
Penulisan gelar kehormatan seperti pak haji harus ditulis Pak Haji jika didikuti oleh nama orang. Contoh, Pak Haji Udin.
4.      Jabatan yang Diikuti Nama Orang
Selain gelar kehormatan, jabatan yang diikuti nama orang juga harus ditulis dengan huruf kapital. Contohnya,Walikota Iliza.
5.      Unsur Nama Orang
Huruf kapital juga dipakai dalam unsur nama orang seperti, Amir Hamzah. Huruf  pada kata Amir dan huruf Hpada kata hamzah harus dikapitalkan karena itu merupakan unsur nama seseorang.
6.      Dokumen dan Instansi Negara
Kedua hal ini juga harus dikapitalkan setiap unsurnya. Contoh, Republik Indonesia. Huruf R dan Huruf harus dikapitalkan.
7.      Kata Ganti Anda
Dalam menulis kata ganti Anda pada kalimat, huruf A pada kata Anda harus dibuat kapital.
8.      Unsur Dari Nama Buku, Majalah dan Surat
Semua unsur di atas harus dikapitalkan di awal kecuali preposisi. Dan jika preposisi tersebut berada di awal kata maka harus dikapitalkan juga. Dari Ave Maria Menuju Jalan Lain ke Roma.

Ejaan Bahasa Indonesia

Huruf Kapital

0 Response to "Pemakaian Huruf Kapital yang Benar"

Post a Comment