Hakikat Tema dan Tingkatan Tema Menurut Shipley | Spot Writer

Hakikat Tema dan Tingkatan Tema Menurut Shipley

Hakikat Tema dan Tingkatan Tema Menurut Shipley

Hakikat Tema dan Tingkatan Tema Menurut Shipley
Tema Fiksi
Hakikat Tema dan Tingkatan Tema Menurut ShipleyTema sebuah karya sastra bukanlah hal yang asing di telinga para pembaca. Sejak mengenal sebuah karya sastra seperti prosa maka kita akan diajak untuk mengenal apa itu tema. Pada dasarnya tema adalah makna yang dikandung oleh suatu cerita (Kenny dan Stanton) oleh sebab itu penafsiran tema pun akan berbeda jika dipandang dari sudtu tertentu. Nurgiantoro dalam bukunya teori pengkajian fiksi menyebutkan bahwa tema adalah makna sebuah cerita yang secara khusus menerangkan sebagian besar unsurnya dengan cara yang sederhana, hal ini sejalan dengan Kenny dan Stanton. Secara sederhana tema adalah makna keseluruhan dalam sebuah cerita.

5 Tingkatan Tema Menurut Shipley

Shipley mencoba membagi tingkatan tema berdasarkan tingkat kehalusan dari isi yang disandang. Ada 5 tingkatan tema menurut shipley yaitu:
1.      Fisik
Tema yang satu ini memfokuskan diri pada kegiatan fisik. Ciri dari karya yang memiliki tingkatan tema ini adalah cerita yang mempunyai porsi lebih banyak membicarakan hal yang berhubungan dengan kegiatan fisik atau jasmani. Penggambaran emosi tokoh dalam cerita yang berada pada tingkatan ini sangat sukar dijumpai, jika pun ada hanya sedikit saja.
2.      Organik
Cerita yang berada pada level ini mengangkat cerita yang berorientasi pada kegiatan seksual manusia. Dalam tingkatan ini cerita lebih banyak mengangkat mengenai kehidupan paling intim manusia baik itu mengenai rutinitas seksual ataupun penyimpangan seksual. Karya karangan Mochtar Lubis mungkin bisa menjadi bahan referensi tema ini.
3.      Sosial
Tema yang berada pada tingkat ini mulai membicarakan kehidupan sosial si tokoh. Lingkungan dan strata sosial sangat pekat dan sangat ada dalam cerita yang barada pada tingkatan ini. Masalah ekonomi dan politik sangat getol dibicarakan pada tingkatan ini. Dalam tingkatan ini manusia digambarkan sebagai makhluk sosial.
4.      Individu
Pada tingkatan ini sebuah cerita sudah mencapat kehalusan yang di atas rata-rata. Bagi para pembaca pemula kadang agak sulit untuk mencerna cerita yang berada pada tingkatan egoik. Pada tingkatan ini tema yang diangkat merupakan tingkat individualis yang sangat kental. Penuntutan hk atas diri pribadi sangat banyak dibicarakan di sini.
5.      Divine
Nah pada tahap ini kehalusan dan keruncingan sudah mencapai batas akhir. Dalam tingkatan tema devina manusia sudah mulai membicarakan penciptanya. Renungan yang sangat mendalam dapat kita dapatkan dalam tingkatan tema divine. Robohnya Surau Kami dapat dogolongkan ke dalam tema tingkatan ini.

Tentang Tingkatan Tema Shipley

Shipley menggolongkan tema ke dalam 5 tingkatan dan kesemua tingkatan itu seperti piramida terbalik, dimana tingkatan paling bawah adalah tema fisik dan yang paling tinggi adalah tema divine. Hanya sedikit pembaca yang benar-benar mengerti dan merenung setelah membaca cerita yang temanya berada pada tingkat divine.

0 Response to "Hakikat Tema dan Tingkatan Tema Menurut Shipley"

Post a Comment