Prinsip Terapan Pendekatan Objektif Analisis Drama | Spot Writer

Prinsip Terapan Pendekatan Objektif Analisis Drama

Prinsip Terapan Pendekatan Objektif Analisis Drama

Prinsip Terapan Pendekatan Objektif
Drama
 Prinsip Terapan Pendekatan Objektif Analisis DramaDalam melakukan analisis berdasarkan pendekatan objektif ada beberapa hal yang bisa diterapkan agar proses berjalan baik. Hal-hal tersebut mencakup, tokoh, latar, alur, dan bahasa. Kesemua elemen tersebut dapat dianalisis mandiri tanpa intervensi dari luar. Dengan anggapan teks ataupun pementasan drama bersifat mandiri dan otonom. Oleh sebab itu dengan memperhatikan unsur-unsur tadi kita dapat menganalisis drama berdasarkan pendekatan objektif. Salah satu yang hal yang bisa dianalisis berdasarkan pendekatan objektif adalah penokohan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menganalisis tokoh.
1.      Nama Tokoh
Hal yang pertama sekali yang dapat dianalisis dari tokoh adalah nama tokoh. Nama, biasanya mencerminkan bagaimana kondisi psikologis tokoh tersebut. Nama tokoh Muhammad tentu akan berbeda dengan nama tokoh Cristian.
2.      Keadaan Fisik
Walaupun keadaan fisik tidak terlalu signifikan berperan namun ada batasan-batasan yang harus dituruti logika fiksi agar cerita berjalan dengan apik. Misalnya seorang tukang pukul umunya memiliki tubuh yang kekar dan seorang profesor umunya memakai kacamata sebagai lambang akademisi atau terlalu banyak membaca. Walaupun ada juga profesor yang memiliki tubuh yang kekar.
3.      Status sosial
Sama halnya seperti nama, status sosialo juga menggambarkan keadaan tokoh. Seorang dengan latar belakang keluarga kerajaan akan berbeda dengan anak jalanan yang hidup di bawah kolong jembatan. 
Tidak hanya tokoh, alur juga bisa menjadi bahan analisis berdasarkan pendekatan objektif. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam menganalisis alur berdasarkan pendekatan objektif. Dalam melihat sebuah drama baik itu pertunjukan atau naskah tentu ada rangkaian peristiwa di sana sampai kemudian membentuk konflik dan klimaks. Dalam runtutan peristiwa tersebut yang harus diperhatikan adalah kelogisan alurnya. Karena setiap peristiwa pasti memiliki motivasinya masing-masing. Tidak hanya di situ, dalam penganalisisan berdasarkan pendekatan objektif, latar juga memberikan peran penting dalam sebuah penganalisisan secara objektif. Latar,baik itu ruang, waktu, atau sosial akan memberikan peran tersendiri dalam suatu prosesn analisis. Peran tentunya harus selaras denga  alur dan ide cerita. Dalam naskah malam jahannam yang mengambil setinggan tempat di pantai akan menunjukan ciri tokoh pemeran yang umumnya bersifat kasar atau bersuara lantang. Suara lantang para pemeran akan mencerminkan daerah pesisir. Dan yang selanjutnya yang harus diperhatikan dalam penganalisisan drama secara objektif adalah dari bahasa yang dipakainya. Kematangan seorang tokoh bisa dilihat dari pemakaian bahasanya. Tentu saja semua unsusr analisis di atas tidak bisa dilakukan terpisah karena saliang terkait dan saling berhubungan.

Drama

Analisis Drama

0 Response to "Prinsip Terapan Pendekatan Objektif Analisis Drama"

Post a Comment