Jurnalistik, Pers, dan Klasifikasinya Berdasarkan Media | Spot Writer

Jurnalistik, Pers, dan Klasifikasinya Berdasarkan Media

Jurnalistik, Pers, dan Klasifikasinya Berdasarkan Media

Jurnalistik, Pers, dan Klasifikasinya Berdasarkan Media
Jurnalistik dan pers
Jurnalistik, Pers, dan Klasifikasinya Berdasarkan Media-Sesaat, makna antara jurnalistik dan pers terlihat sama dan sangat identik, namun jika ditelusuri menyangkut dengan maknanya ada sedikit perbedaan di antara kedua kata tersebut. Jurnalistik menunjuk kepada proses kegiatan sedangkan pers lebih menitikberatkan pada media itu sendiri. Kata jurnalistik sendiri mengacu pada sejarah pembetukan jurnalistik pertama. Pada zaman romawi ada papan informasi yang disebut Acta Diurna yang mengumumkan keputusan-keputusan rapat sehingga kata inilah yang menjadi pijakan pertama kata jurnalistik.

Bentuk Jurnalistik

Dilihat dari segi bentuk dan sarana penyampaiannya jurnalistik terbagi  menjadi tiga macam sampai saat ini. Ada jurnalistik media cetak, jurnalistik radio, dan jurnalistik televisi.

1.      Jurnalistik Media Cetak
Dari sejarahnya tentu media yang satu ini menjadi media pertama dalam perkembangan dunia jurnalistik. Kata pers sendiri berasal dari karta press yang berarti mencetak dan tentu saja kata tersebut lahir karena pada saat itu media yang ada hanya media cetak. Surat kabar media cetak terbagi lagi ada yang terbit harian dan ada yang terbit mingguan bahkan per-bulan. Nah dalam hal ini terdapat beberapa hal yang diperhatikan seperti media cetak harian seperti koran harian lebih mengutamakan unsur aktual sedangkan media cetak yang terbit mingguan lebih mengedepankan apek klengkapan informasi dan kedalaman analisis.

2.      Jurnalistik Audio
Mendengar berita dari radio bukanlah hal yang terbilang baru untuk saat ini. Pada zaman perang dunia dulu ataupun saat Indonesia merebut kemerdekaannya, media yang satu ini menjadi primadona karena kecepatannya dalam menyampaikan informasi. Unsur yang dikedepankan dalam jurnalistik ini tentu unsur aktualnya dan komunikasi verbal harulah tepat dan baik agar para pendengar benar-benar memahami isi dari apa yang ingin diampaikan.

3.      Jurnalistik Televisi
Lebih jauh lagi dunia berkembang jurnalistik televisi pun sudah menjadi hal yang umum dalam kehidupan masyarakat dunia. Mendengarkan berita dari daerah sampai mancanegara beserta liputan langsung dari televisi tentu menjadi keseharian kita. dengan media yang satu ini kita dapat dengan jelas mengetahui bagaimana keadaan yang sebenarnya dari sebuah kejadian. Video tentang perang di mancanegara dapat denga jelas kita lihat dari layar televisi meski kita sedang bersantai di rumah. Tentu ini menjadi kemajuan tersendiri dalam dunia jurnalistik

Jurnalistik Internet


Sejauh ini mengenai jurnalistik internet belumlah dibukukan namun pembicaraan mengenai media yang satu ini  sangat gencar diperbincangkan. Kegiatan jurnalistik yang dilakukan melalui media internet sangatlah cepat, hitunganya tidaklah berdasarkan hari lagi melainkan sudah menjadi hitungan menit dan detik. Saat kejadian itu berlangsung saat itu pula berita bisa diturunkan. Hal ini tidak jauh berbeda dengan media televisi yang sedang meliput suatu kejadian secara langsung. Dapat kita simpulakan bahwa semakin maju peradaban dan teknologi maka informasi sangat mudah untuk didapat.

0 Response to "Jurnalistik, Pers, dan Klasifikasinya Berdasarkan Media"

Post a Comment